Pages

Ads 468x60px

Selasa, 30 Oktober 2012

Adobe Reader 11.0







Ebook adalah salah satu bentuk modern dari buku. Jika selama ini Anda membaca buku yang terbuat dari kertas, ebook menawarkan bacaan melalui komputer. Tentu dengan adanya ebook ini akan memperingkas bentuk buku itu sendiri. Dari segi berat, ebook ini sangat enteng, karena bisa disimpan di media penyimpanan file seperti cd ataupun flashdisk.
Meski demikian, kesulitan yang seringkali terjadi saat ingin membaca ebook tersebut, dikarenakan tidak adanya software pembaca ebook di komputer kita. Jika ini terjadi, kita tidak perlu khawatir lagi. Dengan menginstall software sesuai dengan format ebook yang ingin kita baca, masalah tersebut akan terselesaikan. Salah satu pembaca ebook yang populer adalah Adobe Reader.
Apa Itu Adobe Reader?
Adobe reader adalah salah satu software pembaca file pdf yang bisa digunakan untuk membaca ebook, dimana biasanya ebook disimpan dalam format pdf. Adobe reader dapat di-download secara gratis di www.adobe.com dengan ukuran sekitar 30 Mb. Setelah proses install selesai, Anda bisa langsung membaca ebook yang diinginkan.
Saat membaca ebook, Anda bisa menggunakan mouse untuk mengganti halaman dengan cara menggeser scroll bar ataupun dengan menggunakan keyboard dan memencet anak panah kanan untuk ke halaman selanjutnya, atau anak panah kiri untuk ke halaman sebelumnya.
Selain itu, Anda juga bisa langsung menuju ke halaman yang diinginkan dengan menggunakan fasilitas view page dan menekan tombol Shift+Ctrl+N pada keyboard secara bersamaan, dan mengisi halaman yang diinginkan. Adobe reader juga menyediakan fasilitas page thumbnail  untuk melihat bentuk kecil dari halaman yang ada di dalam ebook.  
Fasilitas lain yang disediakan oleh Adobe Reader adalah pencarian kata. Dengan fasilitas ini, Anda bisa langsung menemukan kata yang dicari. Misalnya saja jika Anda ingin mencari kata global, cukup menekan tombol Ctrl+F secara bersamaan dan mengetikkan “global” ke dalam kotak isian dan menekan enter. Maka semua kata global yang ada di ebook yang sedang dibaca akan ditandai.
Pencetak Dokumen
File pdf sendiri adalah file yang tidak bisa diedit secara langsung. Jika Anda mencetak suatu dokumen menggunakan printer, maka hasilnya bisa dilihat di atas kertas. Tetapi jika Anda menggunakan printer virtual, maka hasilnya adalah file pdf. Salah satu software pencetak virtual adalah adobe acrobat, dimana adobe reader sendiri khusus diciptakan untuk membaca file-file hasil cetakan virtual adobe acrobat.
Jika ingin mengedit file pdf, Anda harus mengubahnya terlebih dahulu ke bentuk dokumen asal menggunakan software adobe acrobat. Tetapi jika ebook yang dibaca hanya berupa dokumen teks saja, Anda bisa mengubah file pdf menjadi teks dengan adobe reader. Caranya adalah dengan mengklik tombol file dan pilihan Save as Text.
Selain fasilitas-fasilitas yang tersebut di atas, masih banyak lagi fasilitas yang disediakan adobe reader untuk memanjakan penggunanya dalam membaca ebook. Di antaranya adalah fasilitas zoom, full screen, dan sebagainya. Juga ada fasilitas untuk mencetak ebook tersebut ke atas kertas jika Anda menginginkannya. Untuk lebih jelasnya. Anda bisa langsung mencobanya sendiri dengan menginstall adobe reader ke komputer masing-masing.
Mengelola PDF dengan Adobe Reader
Saat ini, dokumen dalam bentuk digital sudah tidak asing digunakan.  Siapa tidak mengenal PDF. Dokumen berbasis PDF banyak digunakan karena praktis, mudah dibawa, mudah disimpan, dan mudah diunggah maupun diunduh. Tidak hanya untuk keperluan formal, PDF pun dipakai sebagai format digital untuk novel, komik, dan lain sebagainya. Adobe Reader adalah program untuk membuka, membaca, dan mengelola dokumen PDF (Portable Document Format).
Dengan program ini, Anda dapat mencari dokumen PDF, mengisi formulir dan menandatangani dokumen. Apa saja yang dapat dilakukan oleh Adobe Reader?
Membaca dan Mencari Dokumen PDF
Pada Adobe Reader, tombol Zoom, Page Navigation dan Page Display terletak di toolbar utama. Anda dapat menggunakan ikon plus dan minus untuk memperbesar atau memperkecil tampilan suatu halaman PDF.
Untuk menyimpan image halaman tertentu, klik “Select & Zoom” di bawah menu Tools untuk memilih “Snapshot”. Gunakan Hand Tool untuk navigasi halaman. Anda juga dapat menampilkan jendela Search berukuran besar dengan menekan anak panah disamping toolbar Find lalu pilih “Open Full Reader Search”.
Mengisi Formulir
Jika Anda menerima formulir dalam bentuk PDF, gunakan Adobe Reader untuk mengisi formulir tersebut dan mengirimkannya. Untuk memulai, pilih tool “Hand” atau “Select” dari menu Select & Zoom di bawah menu Tools.
Kursor akan berubah saat Anda menggulung formulir, ikon jari akan muncul untuk tombol terpilih atau kotak isian. Pilih bagian yang akan diisi untuk memasukkan data dan tekan “Tab” untuk pindah ke bagian selanjutnya. Jika pihak yang membuat PDF mengizinkan penggunaan dokumen tersebut, maka Anda dapat menyimpan salinan PDF beserta isian Anda.
Menandatangani PDF
Anda dapat menandatangani dokumen dengan "extended rights". Di bawah menu “Document” pilih “Sign”, lalu “Sign Document”. Ikuti petunjuk yang terdapat di layar untuk membuat tanda tangan dan menyertakannya dalam dokumen. Dengan tanda tangan, maka keamanan dokumen Anda akan terjamin.
Berpartisipasi dalam Review
Jika pihak pembuat PDF mengizinkan komentar pada review PDF di Adobe Reader, maka Anda dapat menggunakan tools “Comment & Markup” lalu mengembalikan dokumen berisi review Anda ke si pembuat. Toolbar “Comment & Markup” berisi fitur Sticky Note, Stamp dan Text Editing.
Membuat Dokumen PDF melalui Acrobat.com
Anda tidak dapat membuat dokumen baru menggunakan Adobe Reader. Namun demikian, Anda dapat mengakses layanan pembuat PDF di Acrobat.com. Klik “Create PDF Using Acrobat.com” atau pilih “File” lalu “Create PDF Using Acrobat.com.
Hal ini akan membawa Anda ke situs di mana Anda dapat membuat akun gratis. Klik “Collaborate” untuk mengunggah dokumen yang ingin dibagikan ke pengguna lain melalui Acrobat.com.
Silahkan download  Adobe Reader 11.0 disini

Tidak ada komentar:

coment

 

Sample text


Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates