Pages

Ads 468x60px

Selasa, 30 Oktober 2012

Cara deteksi dan cara mengatasi virus Trojan DNS changer

Cara deteksi dan cara mengatasi virus Trojan DNS changer

Baru-baru ini, saya dengar katanya tanggal 9 juli mendatang akan menjadi "Internet doom day" (dalam bhs. Indonesianya : Hari Kiamat Internet) dikarenakan virus yang bernama DNS changer trojan. Nama virus ini belum begitu populer di Indonesia, tetapi telah dikabarkan kalau virus ini sudah menjangkit 4 juta komputer dari 11 negara. Virus ini tidak seperti virus lainnya, virus ini tidak merusakkan atau menghilangkan data yang ada di komputer, virus DNS changer ini bekerja secara diam-diam dan akan merubah konfigurasi Domain Name System (DNS) di komputer yang dihinggapi, kemudian mengarahkannya ke DNS server yang dibuat oleh pelaku. hal ini bermaksud agar mereka dapat mengendalikan DNS untuk diarahkan IP address yang diinginkan.

virus ini menjalar dengan cepat ke jutaan komputer melalui Internet. Itu sebabnya FBI akan menutup semua jaringan internet di seluruh dunia tanggal 9 juli mendatang (Ini masih rumor).
Baiklah langsung saja simak Cara deteksi dan cara mengatasi virus Trojan DNS changer.

  • Ternyata FBI menanggapi serius virus ini, kita akan Mendeteksi dan mengatasi virus Trojan DNS changer melalui situs resmi dari FBI, masuk saja ke http://www.dcwg.org 

  • Lalu klik tombol Detect
  •  Jika komputer anda bebas dari virus ini, maka akan ada gambar hijau. namun bila komputer anda terinfeksi DNS changer, maka akan ada gambar warna merah 
Bagaimana kalau komputer anda terjangkit Virus Trojan DNS changer? tentunya anda akan mengahpusnya dari komputer anda kan. kalau tidak, berarti anda tidak cinta lagi dengan komputer anda ^^
Ini dia bebrapa cara untuk Mengatasi virus Trojan DNS changer.

Komputer
1. Disarankan untuk mengembalikan setting DNS komputer yang terjangkit untuk mendapatkan settingan lama dengan otomatis. Silakan kontak ISP atau admin IT kantor Anda untuk mendapatkan bantuan.

2. Jika komputer terjangkit malware DNSChanger usahakan untuk tidak mengupdate sistem dan database software security.

Untuk membersihkan virus tersebut pengguna Windows dan Mac bisa menggunakan aplikasi antivirus yang paling update, baik versi gratisan ataupun berbayar.

3. Setelah dibersihkan, gunakan lagi metode test di atas untuk meyakinkan apakah setting DNS server sudah normal atau belum.

Broadband Router
Disarankan untuk mengikuti dokumentasi yang disediakan oleh vendor untuk mereset settingan DNS server dan mengubah password default admin.

Sekian yang bisa sampaikan tentang Cara deteksi dan cara mengatasi virus Trojan DNS changer. alhamdulilah, laptop saya tidak terjangkit virus Trojan DNS changer. Bagamana anda kalau anda?
Mudah-mudahan saja tanggal 9 juli mendatang tidak akan tejadi "Kiamat Internet", hari-hari tanpa Internet, kurang seru! hal bahwa FBI akan menutup semua jaringan akses Internet ini masih rumor dan belum pasti kenyataanya. Oke, sampai jumpa di Next artikel! 
You might also like:

Tidak ada komentar:

coment

 

Sample text


Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates